Pelatihan Auditor AMI (Audit Mutu Internal) IAIN Langsa


Pekan kemarin, saya diminta untuk menjadi narasumber dalam kegiatan Penguatan Auditor AMI dengan pelatihan Auditor AMI di IAIN Langsa. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 28-30 Agustus 2023 bertempat di Khanasha Bistro & Cafe, Langsa.

Acara diinisasi oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Langsa. Dalam sambutannya, ketua LPM IAIN Langsa, Dr. Syafieh, M.Fil.I mengatakan, peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah dosen IAIN Langsa yang diseleksi oleh Kapala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu meliputi tes administrasi, dan tes pisikologi, dan terseleksi sebanyak 19 calon peserta dari unsur dosen, dan 4 orang dari unsur LPM sehingga total peserta 23 orang. 

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rekor IAIN Langsa, Prof . Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA. Rektor sangat mengapreasisi pelatihan auditor ini. Rektor IAIN Langsa pelatihan ini nanti akan menghasilkan Auditor AMI yang handal, kredibel dan professional sehingga bisa mengawal mutu Institusi dan Prodi-prodi di lingkungan IAIN Langsa menuju Predikat Unggul. Saat ini, belum ada Prodi di IAIN Langsa yang mendapatkan peringkat Akreditasi A/Unggul, dan Rektor memberikan target agar dalam 2 tahun yang akan datang, setidaknya ada 4 Prodi yang bisa Unggul sehingga IAIN Langsa bisa betralih status menjadi UIN.

Tiga hari pelatihan yang berisi Teori dan Praktik seolah sangat sebentar karena peserta sangat antusias mengikuti pelatihan walaupun harus dibebani beberapa tugas yang terkait Praktik AMI.

Semoga, Pelatihan ini menjadi pintu masuk dan awal dari terpenuhinya harapan dan target Rektor IAIN Langsa menuju Akreditasi Unggul Prodi-prodi di IAIN Langsa yang akan datang. Amin

Tinggalkan komentar