About

Muh. Nashirudin, putra ke-10 dari sepuluh bersaudara, lahir di Boyolali, 2 Desember 1977 dari pasangan H. Syamsul Hadi dan Hj. Siti Chotidjah. Pendidikan Dasar (MI) dan Menengah (MTs) dijalaninya di Andong Boyolali. Pendidikan Atas dijalaninya di MAN Suruh Kab. Semarang sembari nyantri di PP. An-Nibros as-Salafi. Pada tahun 1994, ia melanjutkan pendidikannya di Jurusan Perbandingan Madzhab pada Fakultas Syari’ah IAIN Sunan Kalijaga dan melanjutkan nyantri di PP. Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Pada tahun 1999 ia berhasil menyelesaikan studi S-1 dan kemudian mendapatkan beasiswa untuk studi S-2 di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Program Studi Hukum Islam. Kuliah S-2 di IAIN Sunan Kalijaga ini baru diselesaikannya pada tahun 2004 karena pada tahun 2001 ia mendapatkan beasiswa untuk kuliah S-2 di Universitas Islam Emir Abdelkader di Constantine, Aljazair pada Jurusan Fiqh-Ushul Fiqh dan diselesaikannya pada tahun 2003. Pada tahun 2008, ia melanjutkan studi doktoral dengan beasiswa di IAIN Walisongo dengan fokus penelitian pada Ilmu Falak. Pada akhir tahun 2012, ia mendapatkan kesempatan untuk melakukan penelitian dalam rangka peningkatan kompetensi dosen PTAI di Maroko melalui program ARFI (Academic Recharging For Islamic Higher Education) 2012.
Muh. Nashirudin mulai mengabdi sebagai dosen di Jurusan Syari’ah IAIN Surakarta pada tahun 2004 (dulu STAIN Surakarta). Dari pernikahannya dengan Imarotus Syari’ah, saat ini, ia dikarunia putra-putri; Sofia Nasma, Ahmad Rodhi Nasim, Ahmad Ridho Nasim, dan Zouina Yumnin Nasma.
Beberapa tulisan ilmiahnya pernah dimuat dalam Jurnal al-Ahkam, Istimbath, asy-Syir’ah (terakreditasi), Ijtihad (terakreditasi). Ia mengikuti beberapa kali pelatihan dalam Ilmu Falak, mengisi beberapa diskusi ilmiah, dan menghasilkan beberapa artikel dan penelitian tentang Ilmu Falak termasuk sebagai pembicara dalam Seminar Nasional tentang Kalender Hijriah Internasional di Observatorium Bosscha Bandung, dan juga di Semarang. Bersama dengan Sidik Hasan, ia menghasilkan dua buah buku; Lets Talk About Love yang merupakan panduan pergaulan remaja dalam balutan keislaman dan Poros-poros Ilahiyah yang merupakan hasil penelitiannya (Tesis) saat S-2 di IAIN Sunan Kalijaga. Diantara tulisannya dalam bidang ilmu falak adalah; Melihat Kembali Fatwa MUI tentang Arah Kiblat. dimuat di harian Solopos, Kriteria Visibilitas Hilal Indonesia (Menuju Kesatuan Awal Bulan Hijriah di Indonesia), merupakan circulated paper pada ACIS 2011, Pembangkangan Fikih Atau Hermeneutika Falakiyyah (Respon Atas Koreksi Arah Kiblat Masjid Agung Surakarta), penelitian IAIN Surakarta, Sistem Penanggalan Hijriah Mohammad Shawkat Odeh dan Tinjauan Fikih Dan Astronomis Penyatuan Matla’(Menelusuri Pemikiran M. S. Odeh Tentang Ragam Penyatuan Matla’), keduanya dimuat di Jurnal Ijtihad STAIN Salatiga, Problematika Awal Bulan Kamariah Di Indonesia, makalah pada seminar di Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam IAIN Surakarta, dsb. Beberapa tulisan lainnya dapat dilihat di bloggnya; sofianasma.wordpress.com

8 Comments

  1. jadi geli waktu q tau blog ini punya U…🙂 pasalnya aq klik via google cari bahan u skripsi mhs….tulisanmu langsung q bc tanpa liat kiri kanan termasuk fotomu yg bagian atas apalagi tertutup dg …. pas sampai d tulisanmu bag bawah , sempat melirik k photo d samping kiri….kok kyk kenal yo penulisnya….he… tak cari2 nama penulisnya …ktmu “about”…… he…trnyata……. Tulisannya bagus…. lanjutkan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s