Tabayyun


Berulangkali masalah tabayyun dituliskan, tapi rasanya bagaikan menulis di atas air,  mudah dituliskan,  mudah pula hilangnya. Berulangkali masalah tabayyun diucapkan,  tapi bagaikan angin semilir,  mudah bergerak kemana-mana,  tapi tak bisa ditangkap dengan sempurna.
Salah satu misalnya,  tertulis di mana-mana seorang Kyai yang mengatakan bahwa pemimpin kafir yang adil dan jujur lebih baik dibanding pemimpin muslim yang tidak adil dan jujur. Entah siapa yang menukilkannya,  tapi jadi berita viral di media. Yang menukilkan bisa saja menuliskan dengan sengaja secara salah karena ia punya tujuan mendapatkan legitimasi atas pendapatnya. Tapi,  bisa juga ia salah menuliskannya karena ketidaktahuannya akan tema yang didengar dan kemudian dituliskannya.
Yang semakin aneh,  banyak yang menanggapi berita yang sudah jadi viral di sosial media itu dengan penuh caci maki dan tanpa tata krama. Tak ada tabayyun dan kroscek data, main sikat tanpa perlu berpikir akibatnya.
Ternyata, yang dimaksud adalah pemimpin kafir di negeri kafir yang adil itu lebih baik daripada pemimpin muslim di negeri muslim yang tidak adil. Perhatiannya pada sisi adil dan tidak adil itu harusnya.
Dan yang lebih aneh, baik yang memanfaatkan salah kutip maupun yang mencaci maki sama-sama para intelektual,  tokoh politik,  tokoh agama dan sebagainya.
Tapi, sebenarnya beliau bukan satu-satunya yang mendapatkan perlakuan seperti itu. Beberapa ustadz,  tokoh,  juga mendapat perlakuan seperti itu oleh para haters nya. Jika, benci ustadz A atau tokoh B,  maka apapun berita yang menyudutkannya, pasti akan jadi makanan renyah dan maniiis sekali. Bahkan, beberapa ormas keagamaan juga mengalaminya. Tradisi kroscek dan tabayyun sebelum menyebarkan data seolah telah lenyap. Padahal semua tau, jika tabayyun itu perintah agama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s