Rumah Laba-laba


Pelajaran yang bisa diambil dari surat al-Ankabut (laba-laba) diantaranya adalah bahwa Allah menyebutkannya dalam al-Qur’an dalam bentuk muannats (betina) melalui firman-Nya; اتخذت بيتا, saat menyatakan bhw laba-laba membangun rumahnya,  padahal secara bahasa ‘ankabut itu jantan atau laki-laki. Jika analisisnya hanya kebahasaan, nahwu atau sharaf,  bisa saja beranggapan bahwa al-Quran telah salah karena keliru menyatakan betina yang seharusnya jantan. Tetapi,  penelitian mutakhir menyatakan bahwa laba-laba betinalah yang membangun rumah,  bukan laba-laba jantan. Laba-laba jantan hanya mengeluarkan “benang” dari tubuhnya untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Jadi, penelitian menjadi bukti al-Quran tidak salah saat menyatakan betina lah yang membangun rumah.
Rumah laba-laba dinyatakan al-Qur’an sebagai rumah yang paling lemah, tetapi bukan secara fisik. Laba-laba betina akan membunuh jantannya sesaat setelah melakukan perkawinan atau pembuahan, dan membuangnya keluar rumah mereka. betina yang merawat anak-anak mereka sendirian. Tetapi,  setelah mereka dewasa,  anak-anak tadi akan membunuh induk mereka dan membuangnya ke luar rumah mereka. Jika seperti itu hubungan keluarga di antara mereka,  bukankah itu menjadikan rumah mereka sebagai rumah yang paling lemah??? Wal ‘Iyadzu Billah…
Surat ini berisi tentang masalah fitnah, cobaan,  apa hubungannya dengan laba-laba sehingga menjadi nama surat ini? Cobaan dan fitnah itu datang ke kita saling berkaitan dan bertubi2 sebagaimana rumah laba-laba,  tetapi semua cobaan itu akan menjadi lemah sebagaimana rumah laba-laba asal kita menjadikan Allah sebagai penolong kita.
Diterjemahkan bebas dari قطوف قرانية

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s