Makanan Halal


Walaupun program halal science sedang digalakkan di Thailand,  akan tetapi mendapatkan makanan halal memang tidak semudah mendapatkannya di negara-negara mayoritas muslim. Harus hati-hati dalam memilih warung makan karena tidak semua warung bebas dari unsur babi ataupun sembelihan yang baik.
Ada beberapa daerah,  semisal di China Town, yang memang banyak ditemukan warung dengan tanda halal, walaupun tidak seluruhnya adalah warung halal. Saat berada di sebuah Mall kemarin,  ada space di lantai 6 dan 7 untuk food area. Di lantai 7, kami sempat berputar-putar untuk mengamati tanda halal di warung mereka. Dan kami hanya menemukan satu warung yang menuliskan lafal basmalah di satu menunya. Akan tetapi,  karena kami kurang mantap,  kami tidak jadi memasukinya. Saat kami tanyakan ke satpam tentang halal food,  barulah ia menunjukkan kami ke lantai 6. Dan ternyata semua warung di lantai tersebut bersertikat halal. Ada berbagai masakan, mulai masakan khas Thailand semisal Tom Yang,  masakan khas Arab,  Turki,  Jepang,  bahkan masakan Indonesia yang bersertifikat halal.
Saat di hotel,  saya lebih senang sarapan dengan buah,  sereal,  roti, dan telur godok jika ada. Saya menghindari nasi goreng,  sayur,  daging, ayam atau telur goreng karena di sebelah makanan-makanan tadi ada daging babi yang bisa diketahui dari gambar yang dipajang di sampingnya. Saya hanya merasa tidak yakin dengan keberadaan makanan-makanan halal tadi karena saya membayangkan mereka memasaknya secara bersama-sama. Itulah yang menjadikan saya ragu dengan makanan-makanan halal tersebut. Beberapa teman dengan kreatif membawa sendiri lauk dari Indonesia semisal ikan kering,  abon,  ataupun sambel terasi yang dijadikan lauk untuk nasi putih. Ya, bagaimanapun kita memang mudah menemukan makanan halal,  tapi tetap saja ada jalan untuk mendapatkan yang halal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s