Halal Tourism


Di antara pengalaman menarik di hari pertama di Bangkok adalah adanya dua persoalan yang ada di sana dan belum dilakukan dengan serius di Indonesia adalah Halal Science dan Halal Tourism. Dengan Islam sebagai agama minoritas,  hanya sekitar 10 persen,  Thailand mampu membidik peluang besar pelancong dari negara-negara dengan penduduk muslim seperti Indonesia,  Malaysia, bahkan negara-negara di Timur Tengah. Sesuatu yang seharusnya dipikirkan dulu oleh Indonesia sebagai negara mayoritas muslim.
Thailand dengan serius menggarap sertifikasi makanan halal yang menjadikan produk makanan mereka bisa dikonsumsi oleh pelancong muslim dan bahkan diekspor ke negara-negara muslim. Jadi,  walaupun Thailand merupakan negara dengan mayoritas beragama Budha,  persoalan halal dan haram tetap digarap dengan sangat serius. Dan lebih hebat lagi,  yang menjadi leader dalam hal ini adalah keturunan Indonesia yang bernama Winai Dahlan,  cucu pendiri Muhammadiyah, KH. Ahmad Dahlan.
Halal Tourism yang juga digarap serius oleh Thailand merupakan bidang yang seharusnya Indonesia memikirkannya lebih dahulu, tapi ternyata hal itu tidak terjadi. Mungkin Indonesia juga sudah melakukannya,  tapi “bungkus” dan pemasaran yang bagus menjadikan apa yang dilakukan Thailand lebih jelas arah dan programnya.
Halal Tourism sebenarnya sangat sederhana,  yakni menyediakan layanan-layanan yang halal yang biasanya diinginkan orang muslim, yang di Indonesia mungkin dikenal dengan layanan syari’ah, semisal kolam renang yang terpisah antara laki-laki dan perempuan,  makanan halal, ruangan atau kamar hotel dengan penunjuk arah kiblat,  tersedianya tempat sholat dan wudhu’ atau fasilitas solat lain dan sebagainya.
Dengan model seperti ini, jumlah turis yang ke Thailand yang berasal dari negara-negara Islam bisa lebih banyak dari Malaysia,  dan jauh lebih banyak dari Indonesia, tiga atau bahkan empat kali lipat.
Bangkok,  9 Juni 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s