Ada Syaikhul Islam di Thailand


Hari ini,  9 Juni 2015, saya berkesampatan mengunjungi Islamic Center di Bangkok. Ada banyak informasi dan juga ilmu yang saya dapatkan pada kesempatan tersebut. Islamic Center menjadi wadah bagi kegiatan sosial keagamaan dan juga pendidikan umat Islam di Thailand. Ia menjadi wadah bagi aspirasi umat Islam di Thailand dan juga penyatuan visi dan misi umat Islam di sana. Gedung yang megah,  fasilitas yang memadai, manajemen dan pengelolaan yang profesional seolah menjadikan Islamic Center sebagai bagian tak terpisahkan dari eksistensi umat Islam di Thailand.
Salah satu informasi yang saya dapatkan dari sana adalah adanya gelar Syaikhul Islam di Thailand. Ia menjadi simbol bagi pemimpin Islam tertinggi di Thailand. Selain tugasnya adalah memberikan fatwa dan penyelesai masalah problem-problem keagamaan umat Islam di Thailand, ia juga manajer administratif yang mengelola aspirasi umat Islam pada pemerintah di sana.
Yang menarik,  ia dipilih secara demokratis oleh umat Islam di sana dengan model piramida. Masyarakat islam di berbagai masjid di Thailand akan memilih salah seorang imam masjid atau ketua takmir untuk masjid yang ada di wilayah mereka. Artinya,  jama’ah sebuah masjidlah yang memilih siapa yang menjadi imam mereka. Dan imam-imam inilah yang nantinya memilih satu perwakilan di tingkat propinsi, dan pemimpin tiap-tiap propinsi kemudian memilih salah dari mereka untuk menjadi Syaikhul Islam.
Gelar ini mungkin tidak sama dengan gelar Syaikhul Islam di Mesir atau di dunia Islam klasik, tetapi prinsip bahwa umat Islam yang minoritas di Thailand nampak bersatu, satu visi, satu suara menjadikan aspirasi mereka nampak lebih nyata. Mereka nampak tidak terbelah-belah dan berbeda-beda tujuan dan arah. Pelajaran yang sangat berharga untuk umat Islam di Indonesia dan negara lainnya.

image

image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s