Ingin Anak Menulis


Sofia memang punya hobby membaca yang luar biasa. Setiap ada pameran buku,  dia pasti minta untuk bisa datang dan membeli buku. Dia akan melahap buku yang dibelinya dalam waktu yang tidak lama. Kisah para sahabat Nabi,  kisah para ulama,  bahkan novel pun dibacanya sampai habis. Terkadang saya memancingnya untuk menceritakan kembali apa yang dibacanya. Diapun ceriwis menceritakannya kembali.
Jum’at kemarin,  dia merengek untuk diajak ke Gramedia karena sudah tidak ada lagi buku yang dibacanya. Ia ingin membeli buku. Karena keterbatasan waktu,  saya mengajaknya ke toko buku Tisera. Walaupun tidak begitu lengkap,  tapi saya rasa tidak ada salahnya mencoba mencari apa yang diinginkannya.
Setelah beberapa saat mencari,  dia menunjukkan ke saya sebuah novel karya seorang anak SMP,  berumur 12 tahun. Saya pun mengangguk tanda setuju dengan pilihannya. Dari ringkasan di sampul belakangnya,  dapat diketahui kalau novel itu menceritakan tentang kisah si anak kembar yang ingin mendapatkan seorang adik.
Timbul lah keinginan dalam diri saya untuk menguji kemauan dan kemampuannya. Saya tanyakan; Sofia mau menulis seperti dia? Dia mengangguk sambil tersenyum. Oke, Sofia nulis saja, apapun yang dipikirkan,  dalam secarik kertas,  biar Abah yang nanti ngetik di laptop. Tidak usah banyak-banyak. dua minggu atau sebulan disetor juga ga papa. Sanggup Sofia?. Dia menjawab: insyaAllah.
Semoga ini menjadi salah satu sarana dia bisa mengekspresikan apa yang ada dalam pikirannya. Saya ingin dia tidak hanya hobby membaca,  tapi juga hobby menulis.

Tinggalkan Balasan

