Menulis Artikel


Saat mendapat materi tentang strategi menulis di jurnal internasional,  saya ingat pemateri mengatakan bahwa kecerdasan dan kepandaian bukan kunci utama dalam menulis. Menulis adalah merangkai, mengorganisasikan pemikiran dan ide dalam kalimat dan kemudian menjadi paragraf.
Pada awalnya saya memang kurang setuju dengan hal itu,  akan tetapi ternyata memang benar adanya, walaupun tidak seratus persen. Buktinya memang banyak yang memiliki kecerdasan,  akan tetapi tidak mampu menyampaikan ide dengan baik, tidak dapat merangkai dan mengorganisir ide dan kecerdasannya dalam sebuah tulisan yang dapat dinikmati oleh orang lain dengan baik. Dan sebaliknya, banyak orang dengan kecerdasan yang biasa-biasa saja,  akan tetapi mampu menulis dengan baik, menghasilkan karya yang menginspirasi orang lain. Tapi, bagi saya menulis tetap membutuhkan kecerdasan dan kepandaian,  yakni kecerdasan dan kepandaian merangkai ide dalam kalimat.
Menulis artikel, setidaknya termasuk diantara yang dalam pandangan saya membutuhkan kepandaian dan juga ketrampilan yang agak berbeda dengan menulis dalam bentuk yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s