Puasa Arafah


Hari ini,  Jum’at, 3 Oktober 2014 adalah hari berkumpulnya jama’ah haji di Padang Arafah yang dinamakan dengan wukuf. Wukuf dikatakan sebagai inti dari ibadah haji karena Rasulullah mengatakan bahwa Haji adalah Wukuf di Arafah. Wukuf Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah,  bulan ke 12 dalam kalender hijriah.
Salah satu persoalan yang hampir selalu terjadi dan selalu berulang adalah persoalan pelaksanaan kesunnahan puasa Arafah, apakah harus dilakukan bersamaan dengan wukufnya jama’ah haji di Arafah ataukah tidak.
Pendapat pertama menyatakan bahwa puasa Arafah harus dilakukan pada hari dilaksanakannya Wukuf,  sehingga penetapan awal Dzulhijjah dimanapun seharusnya mengikuti penetapan awal Dzulhijjah di Arab Saudi supaya pelaksanaan puasa Arafahnya sesuai dengan dilaksanakannya wukuf oleh para jama’ah haji.
Pendapat kedua menyatakan bahwa puasa Arafah tidak harus dikaitkan dengan pelaksanaan wukuf di Arafah. Puasa Arafah dilakukan di tangga9 Dzulhijjah. Karena tanggal 1 Dzulhijjah bisa ditetapkan secara berbeda di setiap negara atau wilayah sesuai penetapan awal bulan hijriah di bulan lain, maka puasa Arafah bisa saja tidak bersamaan dengan pelaksanaan wukuf atau di hari dilaksanakannya wukuf. Apalagi,  Arab Saudi sering menetapkan awal bulan hijriah berdasarkan laporan kenampakan hilal yang sulit diterima dan dipertanggungjawabkan secara astronomis.
Persoalan seperti ini akan terus terjadi selama belum ada kalender hijriah yang disepakati secara Internasional. Pertanyaan yang terkadang muncul adalah apakah memang kita dituntut dan diharuskan menyamakan kalender atau menyamakan hari raya? Jika memang diharuskan atau dituntut,  kalender seperti apa yang harus kita sepakati? itulah yang menjadi kerja berat para ulama dan pakar astronomi Islam sampak saat ini. Sudah banyak tawaran solusi atas hal ini,  akan tetapi belum juga ada kesepakatan atas satu solusi sehingga hampir dapat dipastikan beberapa tahun ke depan persoalan ini akan tetap ada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s