Memulai Kuliah


Semester baru bukan saja menjadi sarana bagi mahasiswa untuk berjuang dalam menuntut ilmu,  akan tetapi juga sarana bagi dosen untuk kembali memikirkan metode pengajaran yang tepat untuk menyampaikan ilmu atau menyertai dan menfasilitasi mahasiswa dalam menuntut ilmu.
Sebuah tujuan yang baik tentu tidak akan dicapai dengan baik tanpa permulaan baik dan dengan proses yang baik pula.
Salah satu agenda tahunan yang dilakukan untuk memulai perkuliahan dengan baik adalah Studium General atau Kuliah Umum. Ini adalah salah satu cara untuk menyamakan persepsi para mahasiswa baru tentang arah dan tujuan perkuliahan mereka,  memberikan motivasi mereka akan pilihan mereka di fakultas itu dsb.
Bagi sebagian dosen,  pemateri di kuliah umum bisa menjadi salah satu kaca,  sejauh manakah posisi ilmiah kita, seberapa banyak kuantitas dan kualitas karya kita dan kiprah kita.
Saya sering merasa malu jika ada dosen tamu atau pemateri yang seusia saya tapi bisa menghasilkan karya dan kiprah yang jauh lebih baik dari saya. Seolah ada terlalu banyak halangan, kendala,  dan alasan yang membuat saya tidak berkarya. Setidaknya,  mereka telah mengingatkan saya akan hal ini.

Tinggalkan Balasan

