Bezuk


Saat saya bezuk orang sakit,  saya gunakan kesempatan itu untuk mendo’akan yang sakit,  menyambung silaturrahmi dan sekaligus sarana koreksi diri.
Orang yang selalu kenyang,  tidak akan pernah merasakan betapa nikmatnya kenyang sampai ia pernah merasakan lapar. Saya jadi teringat kisah Nasrudin Khouja (jangan salah sebut nama,  hati-hati ejaannya ya…hehe) yang diminta mengobati Sang Sultan yang tidak pernah merasakan nikmat saat makan. Sang Sultan sangat heran dan sangat ingin biasa merasakan nikmatnya makan sebagaimana yang dilihatnya saat Nasrudin makan dengan sangat nikmat dan lahap. Singkatnya,  Nasrudin menjadikan sang Sultan kelelahan dan kelaparan,  saat itulah Nasrudin mengajak Sang Sultan makan,  dan saat itu pulalah Sang Sultan merasakan betapa nikmatnya ia makan. Ia bisa merasakan nikmatnya kenyang setelah ia lapar.
Begitu pula orang yang sehat, ia mungkin kurang bisa merasakan begitu nikmatnya sehat, jika ia belum merasakan sakit. Saking tidak perdulinya dengan sehat,  beberapa orang mengkonsumsi barang yang jelas bertentangan dengan kesehatannya,semisal minuman keras,  atau r*k**. Beberapa diantaranya ada yang menerapkan pola hidup yang tidak sehat yang jelas membahayakan kesehatannya. Biasanya,  pola hidup tidak sehat ini baru terasa akibatnya setelah benar-benar merasakan sakit.
Menjenguk orang sakit, sering mengingatkan kita akan hal itu,  tapi jarang yang segera menyadarinya, hampir mirip dengan itu adalah menziarahi makam,  mensholatkan, menguburkan jenazah,  seharusnya mengingatkan kita akan kematian,  tapi banyak yang saat takziyah, menguburkan mayit atau mengiringi jenazah malah tertawa-tawa dan lupa akan kematian,  lupa akan bekal untuk menyambutnya.

30 Agustus 2014

1 Comment

  1. Greetings I am so thrilled I found your blog page, I really found you by error, while I was browsing on Aol for something else, Anyhow I am here now and would just like to say thanks a lot for a marvelous post and a all round entertaining blog (I also love the theme/design), I don’t have time to read it all at the moment but I have saved it and also added in your RSS feeds, so when I have time I will be back to read much more, Please do keep up the excellent work.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s