Beda Perspektif


Persoalan atau barang yang sama,  bisa beda cara orang dalam mensikapinya,  tergantung pada perspektif masing-masing. Bahkan persoalan yang sama bisa jadi disikapi berbeda oleh orang yang sama di saat yang berbeda karena dia mengalami perubahan cara pandang atau perspektifnya.
Hamil adalah sebuah peristiwa yang orang bisa mensikapinya secara berbeda. Bagi yang sudah lama menikah dan belum dikaruniai keturunan, maka hamil adalah peristiwa yang sangat ditunggu-tunggu, sangat membahagiakan dan anugerah yang luar biasa. Tapi,  bagi sebagian yang lain hamil bisa jadi disikapi sebagai aib atau beban karena merupakan kehamilan akibat perzinahan,  sebagian yang lain menganggapnya sebagai kehamilan yang disesali karena sudah tidak ingin hamil lagi atau alasan lain. Bahkan orang yang awalnya sangat bersyukur atas sebuah kehamilan bisa sangat tidak menginginkannya di saat yang lain. Ini karena perspektif yang dibangunnya memang telah berubah.
Ini juga yang terjadi dengan sikap sebuah atau beberapa partai atas isu kenaikan harga BBM. Kenaikan harga BBM bisa saja ditentang habis-habisan oleh sebuah partai di suatu waktu, akan tetapi bisa menjadi sangat didukung,  meminta rakyat memakluminya di saat yang lain, bahkan mengecam para penentang kenaikan harga BBM. Sebaliknya,  suatu partai bisa saja menjadi pengusul kenaikan harga BBM di satu waktu,  tapi menjadi penentangnya di saat yang lain. Itu karena perspektif yang dibawa partai-partai tersebut berubah dan berbeda,  atau mungkin berubah dan berbeda kepentingannya.
Rakyat yang harus melihat persekongkolan dan pemaksaan kepentingan politisi partai atas nama rakyat. Sungguh menyedihkan.
Boyolali,  28 Agustus 2014

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s