Perlunya Kekuatan Politik


Diantara hal yang sangat penting dalam penyamaan penentuan awal bulan hijriah,  baik di Indonesia maupun di tingkat Internasional adalah adanya kekuatan atau kekuasaan politik yang menaunginya. Kalender Hijriah Internasional yang digagas oleh banyak ahli dan disuarakan bertahun-tahun tidak akan pernah dapat diterapkan jika tidak ada kekuatan politik yang “memaksanya” untuk diberlakukan.
Sebaik apapun kriteria,  sekuat apapun kriteria itu dibela dengan dalil dan bukti ilmiah,  selama belum “diiyakan” oleh kekuatan politik, maka kriteria itu tetap hanya menjadi “wacana” dan tawaran.
Sebaliknya,  selemah apapun kriteria,  jika itu didukung oleh kekuatan politik,  maka tetap akan berlaku, bahkan walaupun “salah” atau “kurang sempurna” secara ilmiah. Keputusan kontroversial Arab Saudi, dengan menerima kesaksian melihat hilal saat hilal sangat rendah atau bahkan di bawah ufuk,  dalam penentuan awal Dzulhijjah misalnya, tetap berlaku dan diikuti, minimal di negara itu sendiri. Kriteria imkanurrukyah MABIMS yang secara ilmiah astronomis “lemah” pun tetap berlaku di Indonesia selama pemerintah Indonesia tetap memakainya. Dalam Ushul Fiqh dikenal kaidah dalam Istishhab bahwa hukum lama tetap berlaku selagi belum ada hukum baru yang menggantikannya.
Orang boleh mengkritisi kriteria MABIMS,  bahkan membuangnya,  tapi realitas politik mengatakan bahwa itulah kriteria yang diberlakykan Indonesia. Hanya saja,  Indonesia boleh “berbangga” karena keputusan pemerintah tentang penetapan awal bulan hijriah “boleh” tidak diikuti,  ditentang dan diabaikan,  bahkan oleh beberapa kelompok kecil masyarakat.
Nganjuk, 22 juni 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s