Hikmah Isra’ Mi’raj


Diminta ngisi pengajian Isra’ Mi’raj tadi malam,  saya menyampaikan beberapa implementasi hikmah Isra’ Mi’raj dalam kehidupan nyata, terutama pelajaran yang bisa diambil dari disyari’atkannya salat. Sebagai sebuah ibadah mahdhah,  salat tetap bisa memberikan pembelajaran tentang kehidupan di luar masalah ibadah; organisasi waktu,  kesucian lahir batin,  kesehatan,  bahkan sosial politik.
Mengutip materi mau’idzah KH. Ahmad Zabidi Marzuqi misalnya, salat pada dasarnya memberikan kita kesempatan untuk bertemu Allah sekehendak kita; terserah kapan waktunya,  dengan pakaian apa,  bahkan berapapun lamanya waktu yang kita inginkan. Kita sebagai hamba yang sering menyia-nyiakan kesempatan itu,  sibuk pada selain-Nya.
Salat juga mengajarkan kita bagaimana tata cara dan adab kita dalam berinteraksi dengan pemimpin atau imam, keharusan taat dan mengikuti imam jika kita sebagai makmum,  menyadari kedudukan sebagai makmum,  tahu tatacara mengingatkan imam saat imam lupa dalam salatnya,  tidak melakukan hal-hal yang bisa mengganggu keutuhan jama’ah,  bahkan membubarkan jama’ah yang sudah ada.
Salat mengajarkan kita untuk tidak belajar di luar konteksnya karena bisa membatalkan shalat kita.
Salat mengajarkan kita untuk tidak individualis,  berdo’a hanya untuk kebaikan sendiri,  tapi harusnya juga berdo’a untuk  para pemimpin,  dan hamba2 Allah yang salih.
Dan masih banyak hikmah lain dari peristiwa Isra’ Mi’raj,  termasuk bila dikaitkan dengan sains dan teknologi
Boyolali,  27 Mei 2014

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s