Jurusan Agama


Kemarin saya dapat kehormatan untuk menemani Wakil Dekan 1 dan 3 Fakultas Syari’ah untuk keliling dalam rangka sosialisasi Fakultas Syari’ah. Kali ini fokusnya adalah pondok pesantren dan Madrasah Aliyah, terutama Jurusan Agama. Salah satu hal yang mejadi masalah di beberapa Madrasah Aliyah (MA) yang notabene adalah sekolah “agama” adalah “kurang laku”nya jurusan agama. Bahkan ada MA yang tidak membuka jurusan ini. Sedangkan yang membuka jurusan ini,  rata-rata mengatakan bahwa sifatnya terpaksa.
Jurusan ini sepi peminat,  hanya ada siswa kurang dari 20 orang. Yang menjadi favorit di MA justru jurusan IPA,  lalu IPS. Kebanyakan siswa yang masuk di Jurusan Agama pun,  memasukinya dengan terpaksa atau dipaksa, sehingga kualitas siswa yang ada di jurusan tsb pun terbilang yang kurang diunggulkan atau bukan unggulan.
Dari fakta itu,  ketika Fakultas Syari’ah meminta ke Kepala Sekolah untuk mengarahkan siswa ke Fakultas Syari’ah supaya dikelola secara khusus,  mereka justru mengatakan bahwa siswa mereka belum terjamin kualitasnya. Merekapun meminta Fak. Syari’ah bersedia memberikan motivasi bahkan pelatihan ke siswa supaya mereka memiliki minat ke jurusan Agama atau punya skill yang bisa mereka pakai jikapun mereka tidak melanjutkan studi ke jenjang sarjana
Persoalan ini sebenarnya tidak hanya terjadi di level MA,  bahkan di level PT pun terjadi. PTAI yang jelas berlebel Agama Islam pun sudah mulai kehilangam peminat untuk jurusan Agama. Fakultas Ushuludin dan Syari’ah bisa dipakai sebagai contoh dalam hal ini. Ada pergeseran paradigma yang sangat drastis yang menyebabkan jurusan seperti ini “tidak begitu laku” di masyarakat.
Saat ini saya belum bisa menemukan resep yang benar-benar manjur dalam menghadapi masalah ini. Anda?
Surakarta,  08 05 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s