Komentar dan Ringkasan


Aktifitas ilmiah lain,  sebagaimana diungkap Mulyadhi,  adalah membuat ringkasan dan komentar. Karya-karya dalam bidang filsafat,  metafisika dan semisalnya memang tergolong sangat sulit bagi yang belum benar-benar menguasainya. Oleh karena itu,  ringkasan atau komentar atas sebuah karya dengan membuatnya lebih mudah difahami akan sangat membantu orang lain yang bukan ahli dalam memahaminya.
Diceritakan bahwa Ibnu Sina pernah membaca karya Aristoteles sampai 40 kali dan bahkan menghafalnya,  akan tetapi belum juga membuatnya faham akan isi dan maksudnya. Ia baru bisa memahami setelah membaca komentar Ibnu Rusyd atas karya itu.
Dalam literatur fikih,  kita banyak mengenal karya yang berupa syarh atas sebuah karya atau talkhishnya. Bahkan,  satu karya bisa disyarh oleh beberapa ulama dengan ciri khas yang tentu berbeda. Begitu pula dalam bidang hadis,  ushul fiqh,  dsb. Dalam bidang hadis,  kita mengenal ada banyak syarh atas Sahih al-Bukhari, dan salah satu Syarh Terbaiknya adalah Fathbal-Bari.
Di masa ini,  hampir seluruh keilmuan kita temukan karya-karya yang menjadi ringkasan atau penjelasan untuk kepentingan mempermudah pemahaman. Aktifitas seperti inilah yang membuat perkembangan ilmu dan pengetahuan semakin pesat.
Aktifitas ilmiah lain adalah membuat karya orisinil tentang suatu ilmu. Jika aktifitas berburu manuskrip,  menterjemah,  membuat ringkasan atau syarh lebih berpusat pada karya orang lain untuk kemudian ditransfer,  maka aktifitas membuat karya orisinil lebih berpijak pada kemampuan diri untuk membuat inovasi baru.  Ini sebuah usaha yang sangat berat,  akan tetapi sangat besar pengaruhnya pada perkembangan keilmuan,  baik saat karya seperti ini dibuat maupun masa setelahnya karena paling tidak akan memunculkan karya lain semisal ringkasan,  syarh,  komentar,  kritik,  dst.

Boyolali,  1 Mei 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s