اليواقيت في احكام المواقيت


Kitab ini karya salah seorang ulama besar Madzhab Maliki,  Syihabuddin al-Qarafi yang menulis kitab al-Furuq. Beliau memang dikenal salah seorang ulama yang sangat kreatif dan produktif. Karya-karyanya sering menjadi model bagi para ulama setelahnya karena sering sekali ia menulis karya dengan model yang belum pernah ada sebelumnya seperti kitab Adz-Dzakhirah, al-Qawa’id,  dan al-Furuq. Beliau wafat di tahun 684 H.
Awalnya,  saya menyangka kitab ini berbicara tentang persoalan ilmu falak. Setelah saya membacanya dengan seksama,  ternyata buku ini berbicara tentang masalah waktu yang dikaitkan dengan masalah ibadah, terutama ibadah shalat. Walaupun tidak seperti yang saya harapkan pada saat membelinya,  akan tetapi saya tidak kecewa saat membaca isinya. Model pemulisannya hampir sama dengan model penulisan persoalan fikih kontemporer yang begitu trend beberapa waktu ini,  yakni tematik (maudhu’i). Ia membahas persoalan waktu dan hubungannya dengan persoalan fikih lain. Di sela-sela pembahasannya, al-Qarafi sering menyelipkan pembahasan singkat beberapa persoalan langka dan penting,  baik dalam bidang bahasa,  kaidah fikih,  hadis,  dsb. Ia biasanya memulai pembahasan dengan judul “Mas’alah/مسألة”, sedangkan selipannya diawali dengan “فائدة”, “فائدة حسنة”, “فائدة جليلة فقهية/اصولية”, “فائدة لغوية فقهية”, dsb.
Ada beberapa persoalan falak yang terbahas di kitab ini, yaitu yang berkaitan dengan persoalan salat seperti masalah fajr dan  syafaq atau ikhtilaf tentang awal waktu Asar. Dalam beberapa tampat,  al-Qarafi juga menjelaskan persoalan matahari secara astronomis seperti tentang adanya dua lingkaran cahaya yang selalu menyertai matahari,  yaitu lingkaran berwarna kemerahan yang dekat dengan matahari dan lingkaran keputihan yang berada setelah lingkaran kemerahan.
(berlanjut ke bagian 2 insyaAllah)

Boyolali,  25 April 2014

image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s