Hamil


Beberapa saat yang lalu ada kejadian yang membuat kita mengelus dada. Seorang remaja wanita yang enggan memberikan tempat duduknya di kereta pada wanita hamil yang berdiri, dan bahkan “memaki-makinya” lewat medsos. Itulah yang ada dalam ingatan saya saat kemarin ada seorang mahasiswi yang mengikuti pembekalan KKN dan kemudian menghadap untuk konsultasi tentang kondisinya. Usia kehamilannya yang sudah tua, HPL di minggu akhir bulan Mei (minggu akhir masa KKN), membuatnya ketar-ketir. Dan itu membuat saya terkejut karena dia baru menyampaikan informasi itu ke Panitia saat pembekalan periode pertama sudah berakhir. Jika saja dia menyampaikan informasinya lebih awal tentu akan ada kebijakan khusus untuknya. Ya…, memang harus ada kebijakan khusus untuk orang dengan kebutuhan dan kondisi khusus.
Dalam aturan fikih pun ada aturan-aturan khusus untuk orang-orang dengan kondisi tidak ideal yang disebut dengan rukhshah. Rukhshah harus ada supaya taklif atau beban dapat tetap terlaksana walaupun tidak seperti seharusnya. Banyak alasan yang dapat mendatangkan rukhshah atau keringanan; sakit, musafir, hamil dan menyusui, terpaksa, dsb. Wanita hamil, misalnya, dapat keringanan untuk tidak berpuasa saat bulan Ramadhan dengan konsekuensi membayar fidyah dalam satu pendapat (diqiyaskan dengan orang yang mampu melaksanakan puasa dengan berat), atau menqadha’ di waktu yang lain dalam pendapat kedua (diqiyaskan dengan orang yang sakit), atau menqadha’ dan fidyah dalam pendapat ketiga (disesuaikan dengan alasan tidak berpuasanya apa).
Jika syari’at saja memberikan keringanan pada wanita hamil, maka aturan manusia pun seharusnya bisa membuat keringanan untuk wanita hamil. Itulah yang ada dalam pikiran saya. Hanya saja, karena mahasiswi tadi datang pada saat yang terlambat, solusinya menjadi kurang ideal. Akhirnya, diputuskan bahwa anggota sekelompoknya lah yang harus bertoleransi untuk dia, sambil mencari inbformasi keberadaan bidan desa yang ada di wilayah yang akan ditempatinya jika saat-saat genting itu datang.
Surakarta, 24 April 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s