Lagi….Tentang Menulis


Kemarin, dan juga beberapa saat yang lalu ada beberapa mahasiswa semester akhir yang konsultasi tentang judul skripsi yang akan ditulis. Setelah ngobrol tentang tema-tema yang mungkin layak diangkat dalam penelitian di skripsi saya meminta ke beberapa mahasiswa tersebut untuk menuliskan idenya. Tidak terlalu muluk, hanya saya minta menuliskan latar belakang masalah dan pokok masalah saja, sama persis dengan yang diminta dosen saya dulu saat saya konsultasi tentang judul skripsi. Sebagus apapun ide itu, jika tidak ditulis, tidak dituangkan dalam tulisan secara sistematis, maka ide itu akan menguap. Yang dibutuhkan, saya sampaikan ke mereka, hanya mencari referensi yang sesuai, dibaca dan dijadikan rujukan untuk tulisan yang sistematis. Jika itu sudah dilakukan, silahkan kita diskusikan lagi judul itu, jika benar-benar layak, bisa dilanjutkan, jika kurang layak, setidaknya sudah tahu cara menuangkan ide dalam tulisan, bisa menuliskan latar belakang masalah dan mengidentifikasi pokok masalah. Permintaan saya tersebut ternyata agak sulit dalam pandangan mereka, padahal mau tidak mau mereka harus melewati tahap tersebut.
Ketidakbiasaan menulis sering kali menghambat mahasiswa dalam menyelesaikan studi dengan cepat dan menghasilkan skripsi yang berkualitas.
Boyolali, 23 April 2014

Tinggalkan Balasan

