Kitab Al-Jabr wa al-Muqabalah


Kitab ini adalah karya Muhammad bin Musa al-Khawarizmi. Tahun kelahiran dan wafatnya tidak diketahui dengan pasti,  hanya dapat dipastika bahwa ia hidup di masa Khalifah al-Makmun, 813-833 M.
Hampir dapat dipastikan bahwa ilmu matemetika modern yang dikenal dengan Aljabar,  diambil dari nama buku karya Al-Khawarizmi ini. Bahkan kata Algorithm yang merupakan cara memecahkan persoalan matematis, diambil dari nama Al-Khawarizmi dalam pelafalan latin. Angka 1,2,3,4,5…dst pun saat itu disebut sebagai Algorismus sebagai tanda bahwa angka itu dibawa ke Barat atas jasa Al-Khawarizmi. Ya…karyanya lah yang mengenalkan angka 0 ke peradaban Barat saat itu.
Al-Khawarizmi memang dikenal sebagai ahli matematika,  geografi dan astronomi. Atas keahliannya itum al-Makmun memintanya mengarang buku dalam ilmu matematika yang ringkas dan mudah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat itu. Dan Kitab Al-Jabr wal Muqabalah adalah salah satu jawabannya.
Matematika dan Geografi memang sangat dibutuhka untuk persoalan-persoalan praktis saat itu; pembagian warisan,  baik berupa harta bergerak maupun harta tetap,  pembagian wasiat, jual beli,  dsb.
Saat menemukan buku ini,  saya langsung membelinya walaupun belum mampu memahaminya. Ada beberapa poin kecil yang bisa dipahami karena modal matematika saya memang kurang begitu bagus hehehe…
Boyolali,  20 April 2014

image

13 Comments

  1. As,mas maaf masih tentang kitab aljabar walmuqobbalah,bisa gak kitab aljabar wal muqobbalah punya mas sofian sy beli karna sy lagi cari referensi materi aljabar dalam bahasa arab,sdangkan dalam bahasa inggris sy sudah ada hanya dalam bentuk file pdf yaitu” Algebra of Mohammed Ben Musa” di translate Fredric Rossen penerbit univ california,mohon bantuannya mas sofian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s