توجيه الانظار لتوحيد المسلمين في الصوم والافطار


Buku ini karya Ahmad bin Muhammad bin Shiddiq al-Ghumari yang diedit oleh Muhammad Hamzah bin Ali al-Kattani, diterbitkan Dar al-Kutub al-Ilmiyyah tahun 2006.
Ahmad Shiddiq al-Ghumari lahir tahun 1320 H di kabilah Bani Sa’id,  dekat qabilah Ghummarah,  dan kemudian dia dibawa oleh Orang Tuanya ke Wilayah Tanger (طنجة), Maroko. Sejak kecil ayahnya telah mengarahkannya pada ilmu dengan mengirimnya ke Al Azhar,  Mesir, pada umur 9 tahun. Ia memiliki banyak guru dari berbagai bidang keilmuan; tafsir,  hadis,  fiqh,  dsb, oleh karena itulah ia menjadi ahli dalam berbagai bidang. Ia banyak melakukan perjalanan ilmiah ke berbagai negara,  menulis berbagai karya dalam banyak bidang. Tercatat ia memiliki 120 karya,  baik buku yang terdiri dari beberapa jilid maupun risalah-risalah kecil dalam bidang hadis,  fiqh,  biografi dsb. Ia meninggal tahun 1380 H. Ia pernah bermadzhab Maliki,  Syafi’i dan kemudian tidak terikat secara qauli pada madzhab tertentu.
Kitab Taujih al-Andzar sendiri ditulis untuk membantah pendapat tentang adanya Ikhtilaf al-Mathali’ dalam penetapan awal bulan hijriah,  terutama Ramadhan dan Syawal.
Dengan mengemukakan berbagai argumentasi naqli dan aqli, melakukan bantahan atas dalil tentang perbedaan mathla’, mengemukakan pendapat berbagai madzhab dan dalil yang dipakai, ia kemudian menyimpulkan bahwa umat Islam wajib bersatu dalam memulai awal bulan hijriah. Apabila ada satu wilayah yang sudah berhasil melihat hilal,  maka wilayah lain harus megikutinya tanpa memperhatikan perbedaan mathla’. Ia memberikan bantahan atas penggunaan hadis Kuraib tentang ikhtilaf al-Mathali’.
boyolali, 13-4-2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s