Terbiasa Melanggar


Seseorang tidak melakukan dosa besar dengan serta merta (Jawa: ujug-ujug). Dia melakukan dosa yang dianggap “kecil-kecil”, berulang dan terus menerus, akhirnya dosa “kecil” itu jadi sebuah kebiasaan dan tidak lagi dianggap dosa, kemudian semakin berani melakukan dosa dan akhirnya melakukan dosa besar.
Seseorang tidak serta merta berzina dengan lawan jenis yang baru saja dikenalnya. Semuanya diawali dari sesuatu (“dosa”) yang dianggap “ringan”, “kecil”, “sepele”, lalu terus dilakukan secara berulang, semakin berani dan akhirnya terjadilah yang terjadi. Jadi, betul kandungan hadis bahwa tidak ada dosa besar jika mau bertaubat, dan tidak ada dosa kecil jika terus dilakukan dan ditumpuk-tumpuk.

Masa “tenang” ini, tetap saja banyak terjadi pelanggaran yang oleh para pelakunya mungkin dianggap pelanggaran ringan dan kecil. Masih banyak gambar caleg, bendera parpol, dan bahkan beberapa diantaranya masih kampanye terselubung dengan cara konsolidasi PNS yang harusnya netral, intimidasi pejabat di tingkat bawah (RT, RT, Lurah dsb), sms dan sebagainya . (Kampanye lewat Sosmed pelanggaran gay a???). Masa tenang ini bahkan menjadi masa yang sangat rawan dengan politik uang dan jual beli suara. Cara-cara ini dianggap sesuatu yang biasa, lumrah dan pada tempatnya. Andaikan dianggap kesalahan dan pelanggaranpun dianggap kesalahan dan pelanggaran ringan, kecil dan sepele.
Tapi, ingatkah dengan paragraf di atas. Kesalahan, pelanggaran besar diawali dari pelanggaran yang dianggap kecil, dilakukan terus menerus dan berulang. Potensi seperti itu akan sangat besar terjadi. Jadi semakin berat untuk menentukan pilihan karena pelanggaran seperti ini hamper terjadi di sebagian besar caleg dan partai. Waspadalah….waspadalah……
Surakarta,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s