Ingat Karena Digunakan


Hari ini saya ke satlantas Boyolali buat perpanjangan SIM C yang sudah habis masa berlakunya. Saya sempat ditanya petugas: kok terlambat Pak…Ya…saya memang terlambat melakukan perpanjangan SIM. Seharusnya ini saya lakukan 2 Desember 2013 yang lalu, tapi  saya baru tahu kalau masa berlakunya habis di bulan Februari kemarin. Karena saya pernah berusaha mengurus perpanjangan lewat SIM keliling, dan ternyata tidak berhasil dan karena berbagai kesibukan, saya baru bisa melakukannya hari ini. Sabtu memang jadi waktu favorit karena Senin sampai Jum’at harus berangkat kerja.
Mengapa bisa begitu lamanya terlambat? Ya…itu dia. Karena jarang terpakai. Kartu SIM sangat jarang atau bahkan nyaris tak terpakai kecuali saat ada operasi. Dan selama lima tahun memegang kartu ini, saya sepertinya baru tiga kali atau bahkan kurang, memakainya. KTP jadi kartu identitas yang paling sering dipakai. Dan karena jarang dipakai inilah saya jadi lupa dan tidak memperhatikan tanggal daluwarsa kartu SIM.
Masalah lupa karena jarang dipakai juga dapat terjadi pada hal lain. Lama ga baca al-Qur’an bisa menjadikan lupa cara membacanya denfan baik, lama ga muraja’ah bisa menjadikan hafalannya terlupakan, lama ga berbahasa Arab, jadi lupa bagaimana berbahasa Arab dengan baik, dan lama ga menulis, bisa menjadikan lupa bagaimana menulis dengan baik. Jadi, jika pengin tidak lupa, sering-sering saja dipakai. Setuju ?
Boyolali, 5 April 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s