Buku Baru


Hari ini saya melewati mahasiswa yang pameran buku dan jualan buku di dekat ruang dosen fakultas. Saya senang sekali melihatnya. Saya sudah lama membayangkan ada banyak penjual buku, pameran buku, bedah buku dan sebagainya di fakultas ini. Akses terhadap buku baru di Surakarta saya rasakan tidak sehebat di Yogyakarta. Itu penilaian sepintas, belum tentu benar, walaupun saya agak yakin bahwa penilaian saya tidak begitu salah.Bagaimana mungkin mahasiswa akan dapat menulis baik, membuat makalah yang agak berbobot kecuali mereka punya bekal membaca banyak buku dan juga memilih bacaan yang berkualitas. Perpustakaan memang tersedia, akan tetapi karena sangat berkaitan dengan birokrasi anggaran, sering sekali perpustakaan kurang mampu mengikuti perkembangan buku terbaru di pasaran. Artinya, toko buku, atau penjual buku biasanya bisa lebih cepat mendapatkan buku baru dibandingkan perpustakaan. Walhasil, toko buku, pameran buku bisa menjadi salah satu alternatif terbaik untuk berburu buku baru.
Tapi, saya tadi agak kecewa ketika saya bertanya tentang buku baru dan tidak dijawab dengan jawaban yang singkat dan pasti. Ada sedikit kebingungan dari penjualnya tentang informasi yang saya inginkan. Jika pameran buku dilakukan mahasiswa Syari’ah, harusnya penjual bisa memamerkan buku-buku terbaru tentang hukum Islam. Jika pameran dilakukan mahasiswa Tarbiyah, seharusnya saya dapat informasi atau dapat melihat buku terbaru tentang pendidikan. Itu yang ada di benak saya. Ternyata, itu tak seperti yang saya bayangkan. Saya pun berpesan, besok saya balik ke sini, dan semoga ada buku baru yang dipamerkan dan dijual di sini. Semoga besok sudah dapat buku baru, dapat informasi dan ilmu baru, bisa membagikan hal-hal baru.
Surakarta, 1 April 2014

Tinggalkan Balasan

