مطالع الشهور القمرية والتقويم الإسلامي


Buku Terbitan ISESCO tahun 2010/1431
Buku ini merupakan kumpulan makalah dari dua “gawe” besar di Maroko, yaitu pertemuan para pakar ilmu falak, tentang penentuan awal bulan hijriah yang diadakan 9-10 Nopember 2006 dan tentang kalender hijriah yang diadakan 15-16 Oktober 2008. Kedua “gawe” besar itu diselenggarakan oleh ISESCO (المنظمة الإسلامية للتربية  والعلوم والثقافة).  ISESCO merupakan bentuk lain UNESCO, akan tetapi dikhususkan untuk Negara-negara Islam.
Pada bagian awal, buku ini menampilkan makalah-makalah yang berkaitan dengan penentuan awal bulan hijriah yang ditulis oleh pakar-pakar dalam ilmu falak semisal, Jamaluddin Abdurraziq, M. Syaukat ‘Audah, Zaki al-Mushthafa, Khalid Syaukat, Nidhal Qassum dan sebagainya. Beberapa makalah yang ada, pernah saya unduh di website http://www.amastro.org dan saya jadikan rujukan dalam penulisan disertasi.
Sedangkan bagian kedua menampilkan makalah-makalah dari sebagian tokoh yang pernah ikut di temu pakar pertama ditambah beberapa tokoh lain semisal Syaraf Qudhah. Yang menarik, pada bagian ini terdapat tulisan salah seorang tokoh Indonesia yang sangat konsens dengan persoalan ilmu falak dari UIN Yogyakarta, yaitu Pak Syamsul Anwar. Kontribusi yang luar biasa dari beliau di tingkat Internasional, yang masih berupa angan-angan dan andai-andai bagi saya saat ini.
Pembahasan di kedua pertemuan itu berkisar pada persoalan pemahaman atas ayat dan hadis tentang rukyah, bagaimana memadukan konsep fikih dan astronomi dalam persoalan penentuan awal bulan hijriah, dan yang lebih utama adalah bagaimana membangun sebuah kalender hijriah yang bisa diberlakukan di dunia.
Tapi, persoalan ini memang bukan sekedar persoalan fikih dan astronomi saja, akan tetapi sudah menyangkut pada persoalan sains dan tekologi, pendidikan, sosial, politik, dan juga budaya. Dibutuhkan usaha keras dan panjang untuk mewujudkan rekomendasi yang ada di kedua pertemuan antar pakar tersebut.
Surakarta, 20 Maret 2014

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s