المعايير الفقهية والفلكية في إعداد التقاويم الهجرية دراسة نظرية تطبيقية (bagian keempat)


Pada bab ketiga atau terkahir, Penulis buku membahas tentang kriteria falakiyyah atau astronomis dalam menyiapkan jadwal waktu shalat dan kalender hijriah. Pada bagian prolog, penulis menjelaskan tentang beberapa definisi yang perlu disepakati, yakni definisi satuan-satuan waktu (wahadaat az-zaman); hari (al-yaum), malam (al-lail), bulan (asy-syahr), dan tahun (as-sanah).

Pada bahasan selanjutnya, penulis menyampaikan tentang sejarang singkat penanggalan Hijriah. Kemudian ia membahas persoalan-persoalan astronomis yang berkaitan dengan penentuan awal waktu sholat, mulai dari kaidah-kaidah matematis astronomis, persoalan-persoalan yang menyebabkan kekeliruan dalam pembuatan jadwal shalat seperti perbedaan lintang lempat, perbedaan tinggi tempat, dan juga algoritma hisab waktu salat. Oleh karena itu, penulis menyarankan untuk sering-sering melakukan kroscek dan penyesuaian perhitungan dengan pengamatan secara langsung.

Pada bagian terakhir, penulis membahas tentang persoalan awal bulan hijriah, mulai dari masalah pergerakan bulan dan matahari, bentuk bulan dan hilal dsb. Ia mengatakan bahwa ada beberapa hal yang harus terpenuhi dalam persoalan awal bulan; konjungsi, elongasi, mukts, dan juga illuminasi. Dan Ia menyayangkan bahwa sampai saat ini belum ada kriteria yang tunggal dan disepakati tentang kemungkinan hilal bisa dirukyah. Maka, ia mengatakan bahwa kriteria minimum yang akan dipakai untuk menolak kesaksian hilal.

Ia kemudian membahas faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam melakukan rukyah, baik geografis, cuaca, bahkan psikologis. Dan terkahir kali, ia membahas tentang perlunya pennetuan garis kesatuan matla’ sehingga dapat dibedakan wilayah mana saja yang termasuk kategori hilal mustahil dirukyah, mungkin, tidak mungkin, dan juga mudah dirukyah.

 

 

Surakarta, 13 Maret 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s