Hunting Buku


Pengalaman berburu buku mungkin pengalaman yang selalu menarik diceritakan. Salah satunya adalah buku at-Taqwim al-Hijri al-‘Alami al-Muwahhad karya Jamaluddin Abdurraziq ini.  Saat berada di Maroko, hampir tiga minggu saya keluar masuk toko buku dan perpustakaan untuk mendapatkan buku ini. Saya hampir putus asa karena selain keluar masuk toko buku, saya juga mengirim e-mail ke penulisnya langsung, dan belum mendapatkan balasan. Buku berhasil saya dapatkan setelah Abdurraziq memberikan saya alamat penerbit, dan saya langsung membelinya di penerbit.

Kitab al-‘Azb az-Zulal mungkin termasuk “penemuan” saya atas karya dalam bidang falak yang diluar dugaan saya. Saya belum pernah mendengar karya itu dan juga nama penulisnya. Saat saya ke toko buku, saya langsung Tanya ke penjaganya tentang karya tentang kalender hijriah atau karya lain dalam ilmu falak. Dia kemudian membawa saya ke sebuah rak, dan alangkah terkejutnya saya, ternyata ada sebuah kitab dalam ilmu falak, terdiri dari dua jilid yang lumayan tebal. Kajian fiqhiyyah dan astronomisnya sangat kaya. Saya bagaikan menemukan emas saking senangnya. Ternyata, pengarangnya masih senasab dengan Jamaluddin Abdurraziq. Dia seorang faqih dan ahli falak. Luar biasa….Cerita lain siap disambung.

Teman-teman pasti punya banyak cerita tentang bagaimana hunting buku, dan bagaimana senangnya bisa mendapatkan buku yang kita inginkan.

Surakarta, 6 Maret 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s