Kalender Hijriah Universal, Kajian atas Sistem dan Prospeknya di Indonesia


(X5) Hijriah --Cetak.jpg2
Dalam rangka meningkatkan pemahaman tentang perkembangan pemikiran Kalender Islam Internasional, kehadiran buku yang ditulis saudara Dr. Muh. Nashirudin, M.A, M.Ag awalnya merupakan hasil penelitian disertasi program doktor di IAIN Walisongo Semarang sangat relevan. Karena itu kehadirannya perlu diapresiasi dan dijadikan salah satu rujukan untuk menambah wawasan dalam studi astronomi Islam. Semoga kehadiran buku ini juga akan menambah semarak kajian tentang astronomi Islam di dunia Islam, khususnya di Indonesia yang memerlukan ”pemikiran-pemikiran yang substantif-filosofis” sekitar kalender Islam. Dengan demikian perbedaan dalam menetapkan awal dan akhir Ramadan dapat diakhiri (Prof. Dr. Susiknan Azhari)
Buku yang diturunkan dari hasil disertasi Dr. Nashiruddin ini mengulas masalah kalender dan upaya yang dilakukan oleh Odeh dengan Universal Hijric Calendar. Pertanyaan yang mengemukakan adalah apakah sistem bizonal ala Universal Hijric Calendar bisa diimplementasikan, khususnya di Indonesia? Kajian yang diungkap dalam buku ini menyimpulkan ada alternatif yang lebih baik daripada sistem bizonal, walau tetap menggunakan konsep garis tanggal berdasarkan kriteria astronomi yang diusulkan Odeh. Kunci utama penyatuan kalender memang bukan pada upaya menyatukan hari untuk satu tanggal yang sama, tetapi menyeragamkan pelaksanaan ibadah dengan menggunakan batas tanggal hijriyah berdasarkan ketampakan atau potensi ketampakan sesuai kriteria astronomi. Dengan batas tanggal yang disepakati, maka kepastian tanggal pun bisa dirumuskan sehingga kalender hijriah suatu saat nanti akan menjadi rujukan administrasi publik, khususnya untuk kegiatan ekonomi syariah yang kini sudah mengglobal.(Prof. Dr. T. Djamaluddin)(X5) Hijriah --Cetak.jpg2

4 Comments

  1. Ya ayyuhal muslimuun..rahimakumulloh.. Jika saja suatu masa ada majelis cendekiawan dan ulama sedunia Islam yg memiliki otoritas untuk memutuskan hal2 penting bagi kemaslahatan umat Islam sedunia termasuk kalender global dan lain2 termastk perang dan perdamaian dunia Islam. Maka umat Islam sebagai umatan wasathon dan umatan wahidah umat yang kuat akan menjadi kenyataan. Soal penanggalan global di era informasi dan globalisasi tdk sulit disepakati.. Karena tentu sangat baik bagi seluruh umat Islam. Dunia Islam perlu tertib waktu dan tertib administrasi dan tertib ibadah demi kemaslatan dunia akhirat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s